Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Blog » Proses Pengolahan Mesin Air Minum Isi Ulang

Proses Pengolahan Mesin Air Minum Isi Ulang

(41 Views) Januari 31, 2021 8:47 am | Published by | No comment

Proses Pengolahan Mesin Air Minum Isi Ulang (Reverse Osmosis)

Pengolahan Mesin Air minum isi ulang memang sudah banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak juga yang meragukan air minum isi ulang. Air minum isi ulang sendiri telah melalui berbagai tahap penyaringan. Teknik penyaringan air pun ada berbagai macam ragam, dari yang sederhana hingga menggunakan teknik biofilter.  Jika Anda merupakan seseorang yang masih ragu mengonsumsi air minum isi ulang, maka Anda harus membaca lebih lanjut penjelasan terkait proses pengolahan mesin air minum Reverse Osmosis (RO) yang banyak digunakan oleh pelaku usaha depot air minum isi ulang.

1.     Pengisian Tangki Air Baku

Air baku merupakan air yang berasal dari sumber air, sedangkan tangki air baku merupakan tempat penampungan air yang biasa dikenal masyarakat sebagai tandon. Air baku dapat berasal dari air tanah, sumur, maupun Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Air inilah yang nantinya akan melewati proses penyaringan atau filtrasi sehingga dapat dikonsumsi. Tangki air yang direkomdasikan adalah tangk air yang berbahan stainless steel. Bahan stainless steel tidak mudah berkarat bahkan banyak yang mengatakan bahwa bahan ini anti karat. Dengan kata lain, tangki air stainless steel akan lebih awet daripada bahan yang lain.

2.     Filtrasi atau Penyaringan

Air yang sudah ditampung di dalam tangki air baku atau tandon akan disaring menggunakan tabung filter yang terdiri dari saringan pasir dan karbon aktif. Tahap filtrasi memastikan air yang akan kita konsumsi telah bebas dari segala macam jenis kotoran. Filtrasi pada teknologi Reverse Osmosis (RO) membuat air menjadi jernih.

3.     Penampungan dan Sterilisasi

Air baku yang telah melewati filtrasi memang telah bebas dari berbagai kotoran, namun belum cukup menjadi air yang siap minum. Air baku yang telah disaring tersebut harus disterilisasi terlebih dahulu untuk membunuh segala macam mikroorganisme yang berbahaya bagi manusia. Tahap sterilisasi dibantu oleh sinar ultraviolet dan juga ozon yang mensterilkan media penyaringan, tangki, dan peralatan lainnya untuk menghindari terjadinya kontaminasi. SInar ultraviolet sendiri berasal dari lampu ultraviolet yang mampu memancarkan cahaya UV yang dapat mensterilkan air minum. SInar ultraviolet inilah yang membunuh berbagai macam mikroorganisme berbahaya seperti bakteri dan kuman.  Oleh karena itu, air yang sudah keluar dari tabung air berarti tabung air sudah steril

4.     Pengisian Galon Air

Setelah melalui tahap pengisian, penyaringan, dan sterilisasi, tahap selanjutnya adalah pengisian air ke dalam galon. Air baku yang sudah steril akan dipompa menuju mulut galon. Tentunya galon harus sudah dibersihkan dulu sebelum dimasukkan ke dalam mesin dan diisi air.  Pompa air yang digunaka dalam tahap ini disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Terdapat 2 jenis pompa air yang dapat diketahui bersama, yaitu pompa air semi jet pump dan pompa air jet. Semi jet pump  merupakan pompa air yang digunakan untuk kedalaman air hingga 11 meter dengan tinggi 9 meter.  Mesin jet pump digunakan untuk sumur yang sangat dalam dengan kedalaman berkisar 20 meter. Mesin pompa air telah banyak dijual dengan berbagai merek.  Calon pelaku usaha juga tidak perlu panik jika bingung harus memilih pompa air. Aqualux sebagai distributor resmi terlengkap siap melayani kita semua.

Nah, rekan-rekan apakah sudah mulai memahami proses pengolahan air minum isi ulang?

Baca Juga : Tisu Galon Air Isi Ulang

 

Categorised in:

No comment for Proses Pengolahan Mesin Air Minum Isi Ulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami !