0852-79797-384 Usaha Depot Air Minum Isi Ulang di Pulang Pisau Aqualux

0852-79797-384 Usaha Depot Air Minum Isi Ulang di Pulang Pisau Aqualux Menguntungkan

usaha depot air minum isi ulang

Usaha Depot Air Minum Isi Ulang di Pulang Pisau Aqualux tengah popular di kalangan masyarakat saat ini. Tak hanya menguntungkan, bisnis ini merupakan bisnis yang memiliki prospek baik di masa depan. Perkembangan jaman saat ini, dimana orang – orang menginginkan semua kebutuhan dapat diperoleh dengan praktis membuat usaha ini tumbuh subur di kalangan masyarakat Indonesia karena seiring berjalannya waktu, masyarakat menginginkan sesuatu yang serba praktis dan cepat, sehingga akan lebih memilih membeli air yang siap diminum daripada harus menampung air dan merebusnya sendiri, belum lagi harus menunggu air tersebut dingin dan bisa diminum. Namun, air minum dalam kemasan galon dengan merek ternama mungkin memiliki harga yang relatif tinggi bagi sebagian orang, terlebih jika dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Dengan memanfaat kan peluang tersebut, menjalankan bisnis air galon isi ulang menjadi peluang besar bagi para pebisnis.

Bisnis air galon isi ulang Aqualux termasuk bisnis yang mudah dijalankan lho, yuk simak apa saja keuntungan menjalankan bisnis ini.

Mudah dilakukan

Usaha Depot Air Minum Isi Ulang di Pulang Pisau Aqualux sangat mudah dilakukan, karena memiliki pengelolaan yang mudah, perawatan mesin yang mudah, serta risikonya pun sangat rendah. Meskipun saat ini banyak yang menjalani bisnis ini, jangan takut untuk memulainya juga. Karena semua orang pasti membutuh air setiap harinya, karena air salah satu kebutuhan pokok yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat.

Modal Relatif Kecil

Dengan modal mulai kisaran Rp 14 juta, anda sudah bisa memiliki usaha depot air galon. Usaha ini bukan usaha yang memerlukan tempat luas, sehingga sangat bisa dilakukan sebagai usaha rumahan. Namun, jika anda memiliki modal yang cukup, tak ada salahnya untuk menyewa tempat yang lebih strategis yang dilalui banyak orang. Tapi juga jangan khawatir, dengan kecanggihan teknologi saat ini anda hanya perlu menyebarkan informasi bisnis anda, terlebih lagi akan lebih mudah bagi pelanggan karena tidak perlu mendatangi usaha anda, terlebih jika anda menyediakan layanan delivery yang sangat memudahkan pelanggan.

Serta karena kehidupan sehari-hari tak lepas dari kebutuhan air, modal akan kembali dalam waktu yang cepat, menghasilkan keuntungan dengan prospek yang panjang di masa depan.

Pelanggan Puas, Banjir Konsumen

Dengan berbagai teknologi dan peralatan pada mesin water purifier yang dimiliki Aqualux mampu menghasilkan air dengan kualitas yang terbaik di pasaran dengan harga yang terjangkau sehingga membuat pelanggan merasa puas. Kepuasan pelanggan adalah hal utama, karena jika seorang pelanggan merasa puas dengan produk anda, mereka akan menjadi pelanggan yang loyal dan akan merekomendasikan produk anda pada orang lain.

Untung yang besar

Saat ini banyak orang sukses karena menjalani bisnis air galon isi ulang karena keuntungan yang didapat sangat besar. Tak hanya itu, usaha ini jika semakin lama dijalani pelanggan semakin banyak. Tak heran banyak pelaku usaha ini menjadi sangat sukses, yang tentunya bukan tak mungkin untuk anda bisa menjadi seperti mereka.

Bukan bisnis musiman

Ya, usaha air galon isi ulang tidak mengenal musim. Bisnis ini akan tetap mendatangkan pelanggan sepanjang waktu tanpa membutuhkan keterampilan tertentu. Usaha ini bisa dijalankan oleh semua kalangan mulai dari mahasiswa hingga orang tua bahkan anak kecil pun bisa menjalankannya.

Bisa dijalankan bersamaan dengan bisnis lain di satu tempat

Ya, Usaha Depot Air Minum Isi Ulang di Pulang Pisau sangat mungkin untuk dijalankan bersamaan dengan bisnis lain di satu tempat. Beberapa depot air galon isi ulang juga menyediakan kebutuhan lain bagi konsumen seperti sembako, gas elpiji, pulsa, laundry dan sebagainya, yang akan sangat menguntungkan.

usaha depot air minum isi ulang 1

8 Peralatan Inti Depot Air Minum Isi Ulang

Depot Air Minum Isi Ulang merupakan satu kesatuan dari sebuah rangkaian besar dalam menghasilkan air minum yang layak konsumsi. Jika dihilangkan satu bagian, maka bagian lain tidak akan mampu berfungsi optimal dan tidak akan mampu menghasilkan air layak konsumsi. Jika dirinci, terdapat beberapa alat pokok dalam sebuah rangkaian Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU).

Filter fiber

Anda mungkin bertanya-tanya Mengapa air yang melewati penyaringan menghasilkan air yang dapat berkualitas baik.  Filter fiber adalah  fungsi tersebut.   Filter ini memiliki tugas utama untuk menjernihkan air dengan cara menyaringnya dari segala jenis kotoran.  Seberapa pentingkah filter ini?  Ini sangatlah penting dan memiliki peran yang sangat  vital. Apabila filter fiber rusak pada depot air minum isi ulang  anda,  maka anda tidak dapat menjual air minum isi ulang dikarenakan  air yang dihasilkan tidak layak untuk dikonsumsi.

Pasir Silika

Pasir silica merupakan bagian dari filter fiber yang berguna untuk menyaring air pada mesin Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) Anda. Layaknya proses penyaringan pada pasir biasa,  pasir silika dapat menyaring kotoran  dan menghasilkan air yang jernih.  Kejernihan air tersebut juga dihasilkan oleh penyaringan pasir silika yang dapat mengurangi atau menghilangkan warna lain yang terdapat pada air. Itulah mengapa pasir silica tidak boleh terlupa dalam instalasi mesin Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU).

Housing Filter

Seperti namanya,  filter ini berguna untuk menampung air pada proses penyaringan atau  filtering.  Housing filter nantinya membutuhkan catridge. Housing filter pada umumnya tersedia dalam dua ukuran  yaitu ukuran 10 inci dan 20 inci.  Oleh karena itu pemasangan catridge  dengan ukuran pada hosting filter juga harus sesuai ukuran.

Catridge Filter

Catridge filter  memiliki tugas utama menyaring lumpur, pasir, dan tanah dari air.  Cartridge filter memiliki spun  sebagai tempat mengendapnya kotoran yang yang tersaring. Oleh karena itu dibutuhkan perawatan berkala untuk membersihkan spun tersebut . Catridge filter apabila dilihat dari kemampuannya terdiri dari beberapa ukuran yakni mulai dari 1 mikron hingga 10 mikron yang disesuaikan dengan panjang  housing.

Lampu Ultraviolet

Sinar ultraviolet dikenal mampu membunuh berbagai jenis mikroorganisme yang terkandung dalam air. Itulah mengapa lampu ultraviolet menjadi salah satu bagian penting dalam Depot Air Minum Isi Ulang.   Harga lampu ultraviolet untuk mesin depot air minum isi ulang berkisar mulai dari Rp. 900.000.  Lampu ultraviolet ini dapat dikatakan berfungsi sebagai disinfektan air minum.

Tangki Penampung Air

Tangki penampung air memiliki kapasitas yang beragam biasanya mulai dari 1000 liter hingga lebih dari  5000 liter.  Ukuran tangki dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Harga tangki penampung air atau tandon berkisar mulai dari Rp. 700.000 hingga lebih dari Rp. 5.000.000. Apa perbedaannya? Tentu saja setiap jenis tangki memiliki keunggulan tersendiri.

Listrik

Untuk dapat menggerakkan Mesin Depot Air Minum Isi Ulang,  kita memerlukan instalasi listrik. Berbagai alat yang kita butuhkan antara lain stop kontak, saklar, kabel,  dan peralatan penting lainnya

Sikat Galon

Kebersihan galon adalah hal yang utama selain higienitas air.  Air yang telah higienis tetap memiliki potensi tercemar melalui galon yang akan diisi ulang. Oleh karena itu penting untuk selalu memastikan bahwa galon dalam keadaan bersih sebelum diisi ulang dengan air.

usaha depot air minum isi ulang 2

Standar kualitas, Higienitas, dan Sanitasi Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU)

Banyak yang telah membahas persyaratan mendirikan usaha Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU), salah satunya adalah hasil laboratorium. Namun, kualitas yang telah teruji tersebut bukan semata – mata persyaratan, namun hal penting yang harus selalu setiap pelaku usaha Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) jaga. Selain berbahaya bagi kesehatan, kualitas, higienitas, dan sanitasi yang tidak memenuhi kriteria juga akan membahayakan bagi usaha Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) itu sendiri. Higienitas adalah nilai kebersihan pada subyeknya atau diperuntukkan untuk penjaga depot. Sedangkan sanitasi adalah kebersihan yang diperuntukkan untuk lingkungan sekitar Depot Air Minum Isi Ulang. Dua hal tersebut memiliki peranan besar terhadap kualitas air minum yang dihasilkan.

Regulasi atau peraturan higienitas dan sanitasi dijelaskan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 43 Tahun 2014. Poin – poin penting terkait standar depot air minum isi ulang (DAMIU) yang tersebut antara lain:

  • Higienitas dan sanitasi yang meliputi tempat, perlengkapan dan peralatan, dan petugas yang secara langsung melakukan pelayanan dalam pengisian air ke dalam galon. Keseluruhan aspek tersebut harus dijamin higienitas dan sanitasinya.
  • Pengelola Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) juga harus tersertifikasi yang mana sertifikasi tersebut harus dikeluarkan oleh pemerintah setempat. Tentunya sertifikasi ini bertujuan untuk menjamin kualitas air minum yang akan dikonsumsi oleh banyak orang. Biasanya petugas wajib mengikuti pelatihan higienitas dan sanitasi yang diselenggarakan oleh pemerintah. Hanya petugas – petugas yang lulus yang akan mendapatkan sertifikat.
  • Pemilik Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) harus senantiasa mengecek kesehatan penjaga depot, paling tidak petugas depot diperiksa minimal satu kali dalam satu tahun.
  • kualitas peralatan dan perlengkapan standar yang digunakan harus tetap terjaga kualitasnya, baik dari segi kebersihan maupun kerusakan alat. Jangan biarkan alat yang rusak tetap terpakai, karena bisa jadi alat yang rusak tidak dapat digunakan secara optimal dan bahkan menjadi sarang bakteri.
  • Galon yang akan diisi ulang harus dipastikan bersih dari segala jenis kotoran maupun sabun pencuci galon itu sendiri. Tidak lupa juga pastikan tutup galon juga dalam kualitas baik.
  • Banyak pelanggan yang sering menitipkan galon lalu lupa mengambil ke DAMIU. Hal ini dapat dikatakan tidak baik karena ada kemungkinan galon akan tercemar. Berikan galon yang sudah di isi kepada konsumen segera setelah pengisian. Jangan menyimpan galon yang sudah mengalami pengisian lebih dari 24 jam.

Siapa yang ingin jika usahanya dianggap tidak memenuhi standar lalu dilarang beroperasi lagi? Padahal mengumpulkan persyaratannya saja memerlukan banyak waktu dan modal yang tidak sedikit. Oleh karena itu, setiap pelaku usaha disarankan untuk selalu memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.  Jangan sampai usaha yang belum berjalan selama satu tahun atau belum mengalami Break Even Point (BEP)  malah harus ditutup.

Usaha Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) memang usaha yang menjanjikan dan tidak memerlukan keahlian khusus, namun bukan berarti pelaku usaha dapat mengabaikan standar kualitasnya. Sebelum membuka usaha ini, cermati dan pahami secara benar apa yang menjadi persayaratannya dan selalu update akan peraturan – peraturan terbaru. Usaha Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) memang tidak sulit dijalankan, namun perlu kecermatan dan kehati – hatian dalam pengelolaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *